BACAAN SHOLAT LENGKAP

Bacaan dan Do'a Sholat lengkap
Bacaan sholat
Lafadz sholat

Kali ini saya akan mebagikan bacaan shalat, ditujukan bagi para muslimin yang masih belum hafal bacaan dan do'a-doa shalat fardlu. dan juga bagi semua yang merasa bacaan shalatnya masih banyak yang belum sempurna. Karena mengingat
betapa pentingnya bacaan shalat ini sebagai penopang kesempurnaannya maka saya mengajak untuk semua kalangan agar benar benar memperhatikan bacaan shalatnya bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekelilingnya yang mungkin belum sempat meentash-hih bacaan shalatnya kepada para alim dibidang qur'an. perlu kita ingat, bahwa kesempurnaan shalat dimulai dari kesempurnaan bacaannya, bukan dari banyak bilangannya.

Saya berharap kepada para orang tua, guru dan para ustadz di manapun berada, agar benar-benar memperhatikan dan mengajarkan bacaan shalat kepada anak-anak dan peserta didik. Baik itu di sekolah-sekolah, TPA-TPQ, Madrasah, Pesantren, Surau-surau dan lain sebagainya.

Begitu pula dengan ilmu-ilmu agama yang pokok, seperti Tauhid, Fiqih dan Akhlak, serta bacaan Qur-annya. Sebagai bekal mereka dewasa kelak.

Belakangan ini dapat kita saksikan dan rasakan sendiri di sekeliling kita masing-masing, bahwa belajar dan menggurukan hal semacam ini dianggap sepele dan tidak begitu penting. Sehingga sampai dewasa dan berkeluargapun dia shalat dengan bacaan yang keliru. Orang tua saat ini akan lebih memilih mengisi waktu luang anaknya dengan berbagai pelajaran sekolah, dengan alasan demi masa depan anaknya nanti. Ya, benar, itu memang baik, tetapi akan lebih baik lagi mengarahkan anaknya ketempat pengajian terdekat sebagai prioritas utama dibanding yang lain, sehingga dewasa kelak dia mampu menyempurnakan amal ibadahnya ditambah dengan kehidupan yang mapan.


Pada akhirnya kami mohon maaf jika kiranya terdapat banyak kekurangan dan kekeliruan dalam penulisan dan penyusunan, hanya kritik dan sarannya dari semua pihak yang dapat membantu kami dalam mengoreksi kesalahan. kepada Allah kami mohon ampun.




TAKBIRATUL IHRAM
ٱللهُ أَكْبَرُ



DO’A IFTITAH

ٱللهُ أَكْبَرُ كَبيْرًا٬ وَٱلْحَمْدُ لِلّٰهِ كَثِيْرًا٬ وَسُبْحَانَ ٱللهِ بُكْرَةً وَّأَصِيْلًا٬ إِنِّيْ وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَ ٱلسَّمَوَاتِ وَٱلْأَرْضَ٬ حَنِيْفًا مُّسْلِمًا وَّمَآ أَنَا مِنَ ٱلْمُشْرِكِيْنَ . إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِيْنَ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذٰلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَاْ مِنَ ٱلْمُسْلِمِيْنَ


SURAT AL FATIHAH
  

بِسْمِ ٱللهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ٬ ٱلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ ٱلْعَالَمِينَ ٬ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ ٬ مَالِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ ٬ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ ٬ ٱهْدِنَا ٱلصِّرَاطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ ٬ صِرَاطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّاۤ لِّينَ ٬ آمِيْن

(رَبِّ ٱغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ آمِيْن)



ٱللهُ أَكْبَرُ

BACAAN RUKU’

 سُبْحَانَ رَبِّيَ ٱلْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ 

BACAAN BANGUN DARI RUKU’

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ


DO’A I’TIDAL

 رَبَّنَا لَكَ ٱلْحَمْدُ مِلْءُ ٱلسَّمَاوَاتِ وَمِلْءُ ٱلْأَرْضِ وَمِلْءُ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ.


DO’A QUNUT

ٱللّٰهُمَّ ٱهْدِنِيْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ ٬ وَعَافِنِيْ فِيْمَنْ عَافَيْتَ ٬ وَتَوَلَّنِيْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ٬ وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَاۤ أَعْطَيْتَ ٬ وَقِنِيْ بِرَحْمَتِكَ شَرَّ مَا قَضَيْتَ. فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ ٬ وَإِنَّهُ لاَيَذِلُّ مَنْ وَّالَيْتَ ٬ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ ٬ تَبَا رَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ ٬ فَلَكَ ٱلْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ٬ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ ٬ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدِنِ ٱلنَّبِيِّ ٱلْأُمِّيِّ وَعَلَىۤ آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ.

ٱللهُ أَكْبَرُ  .

BACAAN SUJUD
سُبْحَانَ رَبِّيَ ٱلأَعْلَى وَبِحَمْدِهِ 
.
ٱللهُ أَكْبَرُ
DO’A DIANTARA  DUA SUJUD
رَبِ ِّٱغْفِرْلِيِ وَٱرْحَمْنِيْ وَٱجْبُرْنِيْ وَٱرْفَعْنِيْ وَٱرْزُقْنِيْ وَٱهْدِنِيْ وَعَاِفِنيْ وَٱعْفُ عَنِّيْ
ٱللهُ أَكْبَرُ

TAHIYYAT AWAL


ٱلتَّحِيَّاتُ ٱلْمُبَارَكَاتُ ٱلصَّلَوَاتُ ٱلطَّيِّبَاتُ ِلِلّٰهِ ، ٱلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا ٱلنَّبِيُّ وَرَحْمَةُ ٱللهِ وَبَرَكاَتُهُ٬ ٱلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ ٱللهِ ٱلصَّالِحِيْنَ ٬ أَشْهَدُ أَنْ لَّآ إِلٰهَ إِلاَّ ٱلله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ ٱللهِ٬ اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.
TAHIYYAT AKHIR

ٱلتَّحِيَّاتُ ٱلْمُبَارَكَاتُ ٱلصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِلِلّٰهِ ، ٱلسَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا ٱلنَّبِيُّ وَرَحْمَةُ ٱللهِ وَبَرَكاَتُهُ٬ ٱلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ ٱللهِ ٱلصَّالِحِيْنَ ٬ أَشْهَدُ أَنْ لَّاۤ إِلٰهَ إِلاَّ ٱلله٬ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَّسُوْلُ ٱللهِ٬ ٱللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ ٬وَعَلَىۤ آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد٬ٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنٰۤا إِبْرَاهِيْمَ٬ وَعَلۤى آلِ سَيِّدِنۤا إِبْرَاهِيْمَ٬ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ٬ وَعَلَىۤ آلِ سَيِّدِنَا  مُحَمَّدٍ٬ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنٰۤا إِبْرَاهِيْمَ٬ وَعَلَىۤ آلِ سَيِّدِنٰۤا إِبْرَاهِيْمَ٬ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 


SALAM
ٱلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ ٱللهِ

Bagi yang ingin langsung membaca di Microsoft Word bisa download file nya
DI SINI

0 comments:

IP