Renungan Malam Ini

Untuk menyikapi kondisi dalam menjalanai kehidupan, tak semuanya dapat disamakan dan dipukul rata. Karena masing-masing keadaan akan membutuhkan sikap yang sesuai dengan tuntutannya.
Setidaknya bagi saya sendiri, ada tiga sikap yang begitu prinsip dan pokok dalam melalui setiap situasi dan keadaan. Yakni "berusaha", "memasrahkan diri" dan "berlomba".
Berusaha akan menjadi kewajiban mutlak dalam memperjuangkan hakikat kehidupan manusia. Berusaha untuk hidup layak, berpengetahuan dan berkerja-sama. Tak ada kata menyerah dalam ranah ini, karena memilih diam atau lari dari keadaan adalah kebinasaan.
Adapun memasrahkan diri untuk sebuah hasil setelah adanya usaha sebelumnya adalah bentuk pengakuan akan adanya ketetapan Tuhan. Begitu pula dengan memasrahkan diri saat adanya cobaan adalah bentuk penerimaan seutuhnya dari sang hamba terhadap Khaliqnya. Sikap kedua ini bagi saya adalah pembuktian sejauh mana kata percaya itu pada-Nya, sebatas lisankah? Atau hanya menggapnya ada jika hasil sesuai yang didambakan? Atau berpaling dan mencaci-maki kenyataan? Ya, kondisi ini adalah titik rawan yang dapat membawa objeknya ke jurang kesesatan jika kepercayaan akan Indahnya ketetapan-Nya hilang.
Sedangakan berlomba adalah modal utama sebagai pemacu dalam beramal shalih. Bersaing untuk menjadi hamba pilihan.

Bandar Lampung, 17 September 2017
Kamar Tercinta.
~NRF~

0 comments:

IP