PILIH MANA? BANGUN CHANNEL YOUTUBE ATAU NGEBLOG? INI SOLUSINYA

Kenapa harus 2 media ini yang dibahas? Ya karna secara tidak langsung antara 2 media memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing dalam menjalaninya. Youtube belakangan memang menjadi media nomer wahid di Negeri Kita ini, terbukti dengan banyaknya pengunjung setiap harinya sehingga menghantarkan para Youtuber Indonesia mampu bersaing di Tingkat Asia Tenggara maupun juga Asia.

Sedangkan blog sangat memprihatinkan, belakangan justru perlahan mulai ditinggalkan si pemiliknya, mungkin juga karena efek pengunjung yang terus menyusut seiring berjalannya waktu. Menurunnya para pengunjung blog menurut saya sangat dipengaruhi 2 faktor utama, yaitu: Pertama minat baca yang memang lemah di Indonesia dan yang kedua disambut dengan naiknya Media sosial yang menyediakan fasilitas menonton langsung.

Dulu, semua permasalahan yang ingin kita pecahkan mungkin akan terjawab setelah googling dan membaca kiat, tips, trik, tutorial dan semacamnya di web, blog dll. Dan sekarang semua itu bisa kita pecahkan cukup dengan duduk santai sambil menonton di Youtube! Jelas ini sebuah alasan merosotnya peminat para empu blogger untuk meneruskan blognya masing-masing.

Ditambah lagi jika kita membahas masalah pendapatan. Walau keduanya memilki kesamaan yaitu tetap melalui adsense, tapi Yotube lebih menguntungkan secara hitungan pendapatan dibanding blog. Dimana perbedaannya?

Begini, Saat Channel Youtube seudah mencukupi persyaratan seperti 4000 jam tonton selama setahun dan subsriber yang melewati 1K, maka jika ternyata lolos untuk dapat dimonetisasi tentu iklan akan begitu mudahnya tayang dan mengalirkan uang. Karena Iklan Youtube terputar dengan sendirinya! dan Blog? Oh My Gooood. sebanyak apapun iklan yang ada di blog kalian kalau tak satupun jari yang menyentuh iklan maka semua itu zooooonk...! tak akan ada rupiah sepeserpun yang muncul di beranda Adsense anda.

Bukan sampai di situ, penerapan Iklan juga semakin dipersempit dengan adanya browser yang secara otomatis bisa memblokir iklan yang seharusnya tayang, Gila! Banting stir membuka channel mungkin pilihan terbaik oleh para embu blogger memang.

Nah, untuk kalian yang memang bimbang mana yang akan anda pilih, tentu semua yang saya jelaskan bisa dipahami sendiri ya. Yang terpenting adalah terus mencoba, ikut bersaing, dan pelajari trik-trik bagaimana mereka yang sudah berhasil dalam membangun Blog maupun Channel Youtube nya.

0 comments:

IP