JAMUR GRIGIT DAN MANFAATNYA

Bersyukur sekali kita ditakdirkan hidup di negeri hijau nan subur ini, berbagai jenis tumbuhan begitu mudahnya kita dapati di setiap tempat, tak terkecuali jamur.


Jamur selama ini sudah dikonsumsi penduduk Nusantara secara turun-temurun dengan berbagai jenis dan bentuknya. Akan tetapi perlu kehati-hatian dalam mengkonsumsi beragam jenis jamur, karena tidak semua jenis jamur boleh dimakan alias beracun. 

Cara mudah membedakan bagaimana jamur beracun atau tidak adalah dengan melihat keutuhannya, jika jamur itu dimakan oleh ulat atau serangga lainnya ini menandakan jamur ini bisa dikonsumsi, tapi sebaiknya anda tanyakan lagi ke orang-orang sekitar atau ke ahlinya lansung ya.

Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas salah satu jamur yang cukup mudah ditemui di sini, sebagaimana yang saya sebutkan di judul yaitu Jamur Grigit.
Jenis jamur ini jelas tidak beracun, bahkan banyak sekali manfaatnya. rasanya yang gurih dan tidak alot seperti kebanyakan jamur lainnya membuat saya sangat memfavoritkan untuk jamur isimewa ini.

Jamur Grigit sangat mudah ditemukan terutama saat musim hujan datang. Jamur renyah ini tumbuh di pohon-pohon yang sudah mati, terutama di pohon kemiri dan pohon karet. Sedangkan untuk usia tumbuhnya cukup singkat, yakni sekita 3-5 hari sudah dapat dipanen.

Jamur ini tumbuh secara bergerombol tidak beraturan dan bentuk daunnya hampir menyerupai bentuk kipas. Adapun warnanya putih hingga kecoklatan. Jamur ini saat melewati usia seminggu biasanya daunnya mengeras dan sudah tidak enak untuk dimakan, ini menandakan jika ia sudah tua.

Untuk pengolahannya, jamur ini sangat nikmat ditumis pedas atau dicampurkan dengan sambal, rasanya yang gurih membuat jamur ini mudah sekali untuk dimasak dengan beragam cara.

Apa manfaat Jamur Grigit? Untuk manfaat singkatnya jamur ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan pencernaan, anti kanker, dan banyak lagi lainnya. untuk lebih jelasnya bagaimana manfaat dan cara pengolahannya anda bisa lihat di sini ya.

TONTON DI SINI, CARA PENGOLAHAN JAMUR GRIGIT DAN MANFAATNYA


Sekian, semoga bermanfaat.
IP